Pendaftaran User Masook

Pendaftaran User Masook

Aplikasi Masook merupakan sistem layanan presensi biometrik secara online dengan menggunakan face detection and lifeness detection sebagai autentifikasi yang dapat mendukung proses presensi agar tetap dapat dilakukan meskipun tidak ada jaringan internet. Aplikasi tersebut akan digunakan pada Madrasah di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal sesui dengan Surat Pendaftaran User Masook Nomor : 0240/Kk.11.24/4/PP.00/01/2022 Diharapkan …

Continue reading →

Pi and Pi Tingkatkan Pemahaman Pembelajaran Metamorfosis

Pi and Pi Tingkatkan Pemahaman Pembelajaran Metamorfosis

Mata pelajaran Ilmu Penetahuan Alam lebih mengarah kepada kondisi kehidupan sehari-hari siswa atau kondisi lingkungan sekitar siswa, sehingga dalam kegiatan pembelajaran harus lebih menonjolkan aspek realistik bukan bersifat abstrak. Guru dituntut untuk bisa lebih selektif dalam memilih model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang sesuai dengan tema pelajaran yang akan diajarkan, karena selain akan lebih relevan …

Continue reading →

Bolehkah Bermain ?

Bolehkah Bermain ?

“Mum, I am boring just sitting in the classroom. Can I play?”, ungkap Mega dengan lesu. Nah, situasi semacam ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru untuk memberikan pembelajaran terdiferensiasi sesuai gaya belajar peserta didik. Untuk memberikan pelayanan terbaik untuk peserta didik, saya mencoba mengolaborasikan permainan Capabilities Snake and Ladder dengan materi pembelajaran Capabilities pada …

Continue reading →

Bermain Gobak Sodor sebagai Media Menulis Teks Prosedur

Bermain Gobak Sodor sebagai Media Menulis Teks Prosedur

Seiring perkembangan zaman membuat metode pembelajaran di dunia pendidikan ikut berkembang.  Namun demikian bukan berarti metode pembelajaran tradisional harus ditinggalkan begitu saja. Karena guru bisa memanfaatkan permainan tradisional sebagai pendukung pembelajaran di madrasah / sekolah. Salah satu permainan tradisional di Indonesia di antaranya gobak sodor. Gobak sodor merupakan permainan tradisional asli dari Indonesia. Cara bermainya …

Continue reading →

Belajar Yes, Main Yes

Belajar Yes, Main Yes

Belajar Yes, Main Yes. Berawal dari pertanyaan pemantik tentang jenis permainan tradisional, Sunda manda. Saya menanyakan pendapat pada peserta didik dalam Bahasa Inggris, “ What do you think about traditional game, Sunda manda?.” “Do you agree to play it?” Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui jenis permainan itu. Muncullah ide untuk mengolaborasikan permainan Sunda manda dengan …

Continue reading →

OPTIMALISASI PENGGUNAAN SMART TV UNTUK SARANA PEMBELAJARAN MADRASAH DIGITAL

OPTIMALISASI PENGGUNAAN SMART TV UNTUK SARANA PEMBELAJARAN MADRASAH DIGITAL

Oleh Nailul Munji, S.Pd.I Madrasah digital adalah madrasah yang menyelenggarakan pengelolaan pendidikan mengunakan aplikasi digital. dalam pelaksanaannya, madrasah menggunakan perangkat digital sebagai alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi. Untuk mewujudkan hal tersebut, MIN 1 Kendal melakukan optimalisasi penggunaan smart tv untuk sarana pembelajaran madrasah digital. Tujuan penyelenggaraan madrasah digital salah satunya adalah mengefektifkan sumber daya …

Continue reading →

PARENT EMPOWERMENT DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

PARENT EMPOWERMENT DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

Kunfardani,S.Ag.,M.Pd   Madrasah merupakan lembaga tempat penyampaian ilmu pendidikan yang terorganisasi secara formal, Madrasah sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan jati diri seseorang, merubah latar belakang seseorang menjadi lebih baik, Madrasah yang baik tidak hanya merubah anak didiknya menjadi pribadi yang berpendidikan akan tetapi juga turut merubah lingkungan bermasyarakat menjadi yang lebih baik (Mulyasa, …

Continue reading →

PICTURE AND PICTURE MEMBUAT SUASANA LEBIH ENJOY

PICTURE AND PICTURE MEMBUAT SUASANA LEBIH ENJOY

Kunfardani,S.Ag.,M.Pd           Pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila di dalamnya terdapat suasana yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian peserta didik tercurah, lingkungan belajar yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi. Ibrahim (2000: 29) meyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif picture and picture merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok, yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang …

Continue reading →

ANTARA BENCI, GALAU DAN CINTA MURID PADA MATEMATIKA

ANTARA BENCI, GALAU DAN CINTA MURID PADA MATEMATIKA

Oleh : Nur Latif Burhanudin, S.Pd *)   Dalam dunia pendidikan pelajaran matematika sudah menjadi materi pokok yang penting untuk diajarkan. Dari tingkat PAUD sampai dengan perguruan Tinggi tidak bisa lepas dari materi yang bernama matematika. Bahkan, matematika dijadikan sebagai tolok ukur kelulusan siswa pada waktu dulu dalam yaitu ujian nasional. Sehingga, siswa mau tidak …

Continue reading →

Serunya Kelas IPA, dari Praktik Uji Bahan Makanan hingga Menulis Buku Antologi

Serunya Kelas IPA, dari Praktik Uji Bahan Makanan hingga Menulis Buku Antologi

Oleh Erwin Prastyo Pembelajaran IPA di sekolah/madrasah memiliki peran penting dalam upaya membangun kecakapan hidup para murid. Kecakapan tersebut antara lain melatih murid menggunakan keterampilan berpikir ilmiah (saintifik), melatih menganalisis masalah mulai dari yang sederhana hingga kompleks, menyajikan data secara jujur, berkomunikasi secara efektif, hingga menemukan solusi atas masalah tersebut. Tahun pelajaran 2022/2023 menjadi titik …

Continue reading →