Kunfardani,S.Ag.,M.Pd
Pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila di dalamnya terdapat suasana yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian peserta didik tercurah, lingkungan belajar yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi. Ibrahim (2000: 29) meyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif picture and picture merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok, yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling asah, saling asih, dan saling asuh. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menangkap materi yang disampaikan, maka guru harus menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan siswa .Model Picture and Picture di artikan sebagai sebuah model pembelajaran yang memanfaatkan gambar yang di dalamnya terdapat aktivitas untuk memasang atau mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis. Model ini cocok untuk pembelajaran kelas rendah.
Untuk membangkitakan Susana yang enjoy, di perlukan adanya komponen-komponen yang bisa membangunn suasana menyenangkan,, di antaranya pertama, membangkitkan minat.yaitu sesuatu yang berhubungan dengan kehendak atau keinginan hati dan di dipadankan dengan gairah atau keinginan yang kuat. Suasana menyenangkan yang terpelihara sepanjang proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap gairah belajar selama pembelajaran berlangsung, kedua, Adanya keterlibatan penuh maksudnya seorang siswa tidak mungkin akan terlibat secara sepenuh hati dalam pembelajaran jika didalam diri siswa tidak ada gairah atau minat yang kuat untuk mengikuti pelajaran.. Ketiga,Terciptanya makna yang di maksudkan ,bahwa pembelajaran yang dapat menghadirkan sesuatu yang mengesankan. dengan kata lain bahwa pembelajaran yang tidak mampu meberikan kesan yang mendalam tidak mungkin akan bermakna. Untuk menghadirkan makna, pembelajaran harus mengesankan. Selanjutnya, agar pembelajaran dapat mengesankan maka pembelajaran itu harus dalam suasana yang menyenangkan. Keempat, Pemahaman atau penguasaan materi, dalam mempelajari materi-materi pelajaran, dan selanjutnya ia terkesan dengan apa yang dipelajari, maka pemahaman atas apa yang dipelajari akan tertanam kuat. Kelima, Nilai yang membahagiakan artinya membuat hati merasa tenteram. Hati yang tenteram adalah yang bebas dari rasa takut, rasa tertekan dan jauh dari perasaan. Rasa bahagia pada diri siswa antara lain dapat muncul karena ia memperoleh makna dari mempelajari sesuatu., mampu tumbuh dan berkembang dan berbeda dari sebelumnya. Dengan demikian, dalam rangka membantu siswa memperoleh nilai yang membahagiakan dalam proses pembelajaran, guru harus berusaha terus-menerus membantu menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri pada setiap siswanya.
Langkah-langkah Model Pembelajaran “Picture and Picture” Pertama ,Penyampaian Kompetensi. Pada tahap ini, guru menyampaikan kompetensi dasar mata pelajaran yang bersangkutan. Kedua Presentasi Materi .ketiga Penyajian Gambar. Keempat, Pemasangan Gambar. Kelima, Penjajakan. keenam. Penyajian Kompetensi..ketujuh. Penutup.. Model pembelajaran picture and picture memberi beberapa manfaat di dalam proses belajar mengajar, antara lain: peertama Memudahkan siswa untuk memahami yang dimaksudkan guru ketika menyampaikan materi pembelajaran. Melalui media gambar siswa akan mudah menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Karena dengan model pembelajaran ini siswa belajar secara bersama-sama dengan mengamati gambar. Kedua Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa Dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture, maka guru akan lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa. Hal ini dikarenakan siswa secara bergilir ditunjuk oleh guru untuk maju mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis. Jika siswa mengalami kesulitan dalam pengurutan gambar, berarti menandakan bahwa siswa di dalam berfikir kritis dan kreatif masih kurang. Sehingga siswa tersebut perlu diberikan bimbingan agar dapat menyelesaikan perintah yang diberikan oleh guru. Ketiga Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Artinya, dengan penerapan model pembelajaran picture and picture maka siswa akan menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran.
Dengan demikian pembelajaran melaui Model Picture and Picture akan sangat berkesan tersendiri untuk siswa sehingga pembelajaran akan semakin bermakna dan menyenangkan karena ,dlakukan dengan enjoy akhirnya tercapailah suasana pembelajaran yang membuat anak senang.
Penulis
Guru Kelas Satu MINU 11 Karangayu